"Pelatihan Aplikasi E-raport"

"Pelatihan Aplikasi E-raport"
16 Februari 2023


Aplikasi e-raport adalah alat bantu yang diperuntukkan bagi guru dan satuan pendidikan dalam melakukan pelaporan hasil belajar peserta didik yang kemudian untuk disampaikan kepada orang tua atau walinya murid sebagai alat bantu.

e-raport juga memiliki peran dalam aplikasi ini, pertama sebagai administrator, kemudian guru dan wali kelas, sehingga bisa mengoptimalkan aplikasi e-raport Kurikulum Merdeka yang perlu dijadikan acuan adalah dapodiknya.

Aplikasi e-raport yang dikembangkan diharapkan administrasi hasil belajar, sehingga ibu-ibu guru cukup menginput satu mata pelajaran saja, serta disertai dengan deskripsi kompetensi yang dicerminkan oleh nilai tersebut. Tapi bukan berarti mendorong asesmen itu dilakukan hingga 1 kali ujian di akhir semester justru yang diinginkan adalah guru dapat menggunakan asesmen yang komprehensif dengan berbagai macam bentuk, tidak hanya menggunakan teks tertulis, tetapi juga kinerja portofolio, observasi, wawancara dan berbagai macam bentuk asesmen lainnya sesuai dengan kontrak dan tujuan pembelajaran.

Panduan penggunaan pembelajaran dan asesmen yang bisa diunduh di platform "Merdeka Mengajar" harapannya adanya e-raport, guru akan semakin mudah melakukan penilaian peserta didik untuk mencapai kompetensi dan evaluasi hasil belajar , apalagi aplikasi berbasis web yang diharapkan bisa mengubah pola manual ke pola digital.