P.5 GAYA HIDUP BERKELANJUTAN "SAMPAHKU TANGGUNG JAWABKU"

SMP Ibrahmy 3 Sukorejo, 20-22, Februari 2024 mengadakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk siswi jenjang kelas VIII tahap ke-2, kegiatan ini dirancang untuk menguatkan kegiatan yang dirancang untuk upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. tujuan utama dalam membentuk karakter para siswi  kegiatan kali ini dilaksanakan seluruh siswi kelas VIII di kelas masing-masing dengan di pandu oleh fasilitator ibu. Ermiyati, S.Pd.I dan ibu. Mubasiroh, S.Kom yang diawali dengan pemberian materi terkait dengan sampah hingga pemanfaatan sampah itu sendiri.


kegiatan ini berlangsung dari jam 13.00-16.30 para siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan P.5 tak lupa mereka mencatat materi  yang diberikan ibu. Mubasiroh, S.Kom sebagian lagi ada yang mengelompokkan masing-masing sampah yang ada di sekitar lingkungan sekolah khususnya di lokasi SMP Ibrahimy 3 Sukorejo.
 

tidak hanya itu para siswi juga diberikan ice breaking berupa pasword masing-masing kelompok sehingga pelaksanaan P.5 sangat menarik dan para siswi semangat dalam berkalaborasi dengan  kelompok masing-masing, tahap berikutnya mereka menyusun kerangka untuk melaporkan hasil yang mereka terima dari guru dan juga hasil pengelohan sampah itu sendiri dengan memanfatkan barang dan sampah bekas yang ada mereka mengumpulkan menjadi kliping, sehingga pamflet yang ada lebih menarik untuk dibaca para siswi SMP Ibrahimy 3 Sukorejo.
pada tahap terakhir masing-masing kelompok memaparkan dan mempresentasikan hasil karya yang sudah diperoleh sehingga mereka bisa memberikan jurnal refleksi kegiatan dari awal yang sudah dilaksanakan. dengan demikian siswi dapat terbentuk menjadi peduli dan mampu mengatasi permasalahan sampah yang sangat banyak sekali.
 

terakhir para siswi langsung melaksanakan gugur gunung dengan harapan mereka lebih mencintai kebersihan di lingkungan sendiri dengan aksi nyata ini mereka sadar akan pentingnya permasalahan sampah organik maupun anorganik  dan bisa mengelola dengan kreatif dan kegiatan ini bisa memupuk kesadaran para siswi dalam merawat dan menjaga lingkungan.